Akses Menuju Kepulauan Anambas

Ada beberapa akses  untuk menuju Kepulauan Anambas, yaitu melalui jalaur udara atau melalui jalur laut. Jika melalui udara, Anda harus terbang ke Tanjung Pinang, ibukota provinsi di Pulau Bintan. Garuda Indonesia, Lion Air dan Sriwijaya Air sudah mengoperasikan penerbangan hariannya ke Tanjung Pinang dari Jakarta dan kota-kota utama lainnya.

Dari Tanjung Pinang, Nusantara Air terbang ke Bandar Udara Conoco Philip yang berada di Matak, Kecamatan Palmatak dengan harga berkisar Rp. 1,2 juta untuk satu tiket. Dari Bandara Matak, anda harus ke pelabuhan Matak dengan akses jalan darat yang sudah baik dengan menyewa mobil dengan biaya sekitar Rp 300.000 s/d Rp 400.000 dengan waktu tempuh perjalanan selama -+ 30 menit. Setelah tiba di pelabuhan Matak kecil, Anda harus mengambil speedboat ke Tarempa, ibukota kabupaten Anambas dengan biaya sekitar Rp 50.000 untuk satu penumpang.

Atau Anda bisa terlebih dahulu mengambil penerbangan ke Batam, dan dari Batam silakan mengambil flight yang hanya disedikan Sky Aviation tujuan Udara Conoco Philip yang berada di Matak, Kecamatan Palmatak (Anambas). Penerbangan setiap hari Senin, Rabu, Jum'at dan Sabtu sekitar pukul 11.00 wib. Harganya tiketnya sekitar 1 juta Rupiah. Dari Udara Conoco Philip yang berada di Matak, Kecamatan Palmatak.

Alternatif lain setelah sampai di Tanjung Pinang (ibukota Provinsi Kepri)anda bisa naik ferry VOC Batavia atau Seven Star tujuan Tarempa (Anambas), lama perjalanan kurang lebih delapan jam, dan berlayar ke Anambas setiap hari Senin, Rabu dan Jum'at dengan perjalanan pulang dari Tarempa ke Tanjung Pinang pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu dengan harga tiket sekitar Rp.300.000. Pilihan lainnya dari Tanjung Pinang pelabuhan Kijang, anda bisa naik KM.Bukit Raya tujuan Tarempa. Lama perjalanan kurang lebih 17 jam dengan harga tiket sekitar Rp.150.000, dan berlayar ke Anambas pada hari Sabtu setiap dua minggu sekali.

Jika dengan menggunakan Akses transportasi laut, anda bisa mengunjungi website www. pelni.co.id. Hampir seluruh kota-kota besar dan penting di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Pontianak, Batam, Pekanbaru, Tanjung Pinang, dan Ranai (ibukota Kabupaten Natuna) dan Kepulauan Anambas juga sudah dapat dijangkau dengan menggunakan moda transportasi laut. Jika anda berada di Jakarta dan ingin menggunakan transportasi laut, anda bisa menggunakan Kapal “KM Bukit Raya” atau kapal “KM.lawit” milik PELNI dari pelabuhan Tanjung Priok menuju Tarempak ibu kota Kabupaten Anambas dengan biaya berkisar Rp 500.000 s/d Rp 1.100.000 menyesuaikan lama perjalanan dan banyaknya pelabuhan yang disinggahi.

Tips

  • Gunakanlah krim tabir surya atau sun block, Karena sengatan matahari bisa membakar kulit yang tidak tertutup sun block dan membuat kulit mengelupas.
  • Bawalah Kacamata hitam atau sunglasses untuk menangkal sinar matahari yang menyilaukan pandangan, terutama di siang hari. Saat Anda menjelajah atau dalam perjalanan di kapal, keberadaan matahari akan cukup menggangu pandangan. Maka tidak ada salahnya untuk menggunakan kacamata hitam.
  • 3.Bawalah  Sandal sebagai cadangan alas kaki. Selain sepatu, bawalah sandal untuk kondisi-kondisi tertentu supaya lebih nyaman dan santai, terlebih berjalan di pantai dengan sandal membuat langkah kaki ringan.
  • Bawalah kain pantai atau sejenisnya, karena sangat berfungsi sebagai alas duduk atau rebahan, kain pantai juga bisa sebagai penutup  tubuh menjadi atau kerudung sehingga mengurangi sengatan matahari atau terpaan angin yang langsung menghantam tubuh.
  • Bawalah Air mineral dikarenakan di Anambas masih banyak pulau-pulau kosong yang belum berpenghuni, sehingga jauh dari warung-warung. Selain itu cuaca yang cukup panas di pantai bakal menyerap cairan tubuh sehingga akan mudah haus.
  • Kamera, abadikan momen perjalanan dan keindahan Anambas dengan kamera dan jangan pernah melupakan benda yang satu ini kemana pun karena setiap sudut dari pulau-pulau di Anambas adalah momen yang sangat berharga .
  • Bawalah Baju renang, Wilayah Anambas didominasi oleh perairan, begitu juga dengan tempat wisatanya, sehingga membawah baju renang atau baju untuk basah-basahan merupakan sebuah kebutuhan.
  • Tidak ada salahnya membawa makanan cadangan berupa roti atau cemilan sebagai penunda rasa lapar. Terkadang pulau-pulau yang kita jelajahi sedikit jauh dengan warung-warung penduduk, sehingga makanan cadangan sedikit bermanfaat untuk menunda rasa lapar sebelum menjumpai warung terdekat dan lebih baiknya juga membawa bekal makanan sekaligus.
  • Pelembap rambut atau conditioner diperlukan Kala berlibur ke pantai, karena, suhu udara pantai yang kering disertai angin membuat rambut mudah kering, patah-patah, bahkan rontok. Conditioner yang dibawa bisa menjaga kelembapan rambut sehingga tidak mudah rusak.
  • Tas pinggul atau tas apapun yang berukuran sedang serta mudah dibawa ke mana saja merupakan kebutuhan juga, karena  tas tersebut akan membantu mengemas pelbagai keperluan liburan di pantai. Selain itu, tas juga bisa menjadi tempat penampungan sampah sementara sebelum Anda menemukan tong sampah.
  • Ada baiknya membawa perlengkapan Elekronik dan Battrei cadangan karena hal ini biasanya menjadi perlengkapan penting saat liburan, seperti Handphone, GPS agar mudah mencari info lokasi, dan MP3 untuk bersantai mendengarkan musik, dan yang penting juga Persiapan Battrei cadangan atau Powerbank supaya  supaya tidak kesulitan melakukan pengecasan berbagai Gedget.
  • Persiapan Obat – Obatan untuk antisipasi gejala sakit ringan selama perjalanan seperti , Minyak Kayu Putih, Balsem, Antimo, obat masuk angin, obat-obat sakit ringan lainnya dan obat-obatan pribadi yang sudah menjadi kebutuhan pribadi seperti obat asma dan lain-lain.
  • Tak ada salahnya juga bila kita membawa Biaya Cadangan untuk persiapan bila terjadinya kekurangan biaya selama liburan atau ingin membawa oleh-oleh yang lebih dan bisa jadi anda ingin berlibur lebih lama di Anambas.
  • Pilih Penyedia paket Tour Yang Tepat atau Penyedia paket Tour lokal  yang sudah sering melayani para wisatawan, serta ada baiknya  untuk menghubungi Dinas Pariwisata setempat terutama jika anda ingin menjelajahi keindahan bawah laut atau melakukan snorkeling, sebab di sana belum tersedia dive operator. Untuk alamat Dinas setempat yang bisa dihubungi sebagai berikut: Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas. Jl. Tanjung No.71 Terempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Telp. 0772 31490, Email : admin@wisataanambas.com
  • Untuk menjelajahi kepulauan ini, anda dapat memilih alat transportasi antara speedboat atau pompong. Harga sewa Speedboat lebih mahal 2 hingga 3x lipat dari harga pompong namun dapat menghemat waktu karena Speedboat memiliki waktu tempuh yang sangat cepat disbanding dengan pompong.
  • Hubungi Penyedia paket tour jauh-jauh hari sebelumnya, karena Terkadang ketersediaan bahan bakar minyak (bensin) sangat terbatas dan langka. Sehingga Penyedia paket tour bisa menyiasati kondisi tersebut.