Goa Pindul

Memang kabupaten di Yogyakarta ini kaya akan objek wisata yang sangat menarik. Kepopuleran wisata Gunungkidul tidak lepas dari peran serta dunia Digital saat ini.

Salah satu tempat wisata di Gunungkidul yang wajib dikunjungi adalah Goa Pindul yang tentunya kawan traveler sudah pada tahu. Goa Pindul merupakan goa dengan keindahan yang luar biasa. Untuk menikmati keindahan goa ini, kita harus menyusuri sungai yang mengalir mengarungi goa tersebut. Wisatawan yang berkunjung ke Goa Pindul akan menyusuri sungai dengan menggunakan ban dalam yang sudah disediakan dan pastinya akan menjadi hal yang menyenangkan.

Goa Pindul sendiri terletak di Desa Beji, Kecamatan Karang Mojo, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya bisa ditempuh dalam waktu 1,5 - 2 jam dari kota Yogya. Pengelolaan objek wisata ini dilakukan oleh swadaya alias oleh penduduk sekitar. Tidak hanya berenang saja, selama perjalanan di sepanjang aliran sungai kita bisa menikmati keindahan stalagtit dan stalakmit goa yang menakjubkan. Di goa yang memiliki panjang 350 meter ini juga merupakan tempat tinggal kelelawar yang pada siang hari sedang tidur menggantung di langit-langit goa.

Hal menarik lainnya adalah kemampuan handal para guide lokal disana, dengan cara menyatukan kelompok-kelompok yang ditanganinya menjadi lebih akrab, sebelum melakukan aktifitas guide setempat akan melakukan presentasi kecil mengenai Goa Pindul setelah itu berdoa bersama agar selama melakukan aktivitas tidak terjadi hal yang di inginkan. Ketika mulai masuk mulut goa, guide langsung memulai penjelasan mengenai jenis-jenis stalagtit yang dilewati dan penjelasan diakhiri sampai perjalanan sudah keluar dari goa.

Jangan khawatir mengenai barang yang kita bawa karena disana terdapat penitipan barang, dan bagi kawan traveler yang ingin bersih-bersih setelah caving juga jangan ragu karena disana terdapat banyak kamar mandi dengan jumlah cukup banyak.